30 Agustus 2007

Menikmati Geomatika6.Blogspot Melalui Hand Phone

Posting berikut ini merupakan sumbangan dari rekan Hevy Sugeng P (thanks to him), yang mengabarkan kepada saya, bahwa ia berhasil mengakses blog geomatika6 ini melalui handphone, dengan biaya hanya 700rupiah. Ini merupakan kabar yang baik, yang akan memungkinkan anda atau siapa saja dapat senantiasa mengakses blog ini dari mana saja dan kapan saja, bahkan sebelum anda tidur malam hari di rumah anda.

Secara umum, yang disampaikan berikut ini adalah settingan GPRS pada handphone, dengan beberapa kartu layanan GSM yang ada di Indonesia, meliputi: Mentari, Matrix, IM3, Simpati, XL. Tentunya, untuk sukses menerapkan cara ini syaratnya adalah tersedianya layanan GPRS di tempat anda, dari operator selular yang anda gunakan, serta perangkat hand phone atau PDA atau PDA phone yang support GPRS (klas 10) dan WAP.

Berikut ini adalah settingannya:

Format isian setting (untuk memudahkan):
jenis kartu, profile name wap, homepage url, security, bearer, ip address, apn.

Isiannya (sesuai jenis kartu masing-masing):
1). mentari, mentari-wap, http://wap.klub-mentari.com, secure, gprs, 10.19.19.19, indosatgprs
2). matrix, matrix-wap, http://wap.matrix-centro.com, secure, gprs, 202.152.162.250, satelindogprs.com
3). xl, xl-wap, http://wap.lifeinhand.com, secure, gprs, 202.152.240.50, www.xlgprs.net
4). IM3, im3-wap, http://wap.m3-access.com, secure, gprs, 10.19.19.19, www.indosat-m3.net
5). Telkomsel, telkomsel-wap, http://wap.telkomsel.com, secure, gprs, 10.1.89.130, telkomsel

Note dari Hevy: tidak semua isian tersebut diminta, jadi isikan yg diminta aja. Sudah dicoba di Sony Ericson K320i sukses; tapi Samsung C170 gagal, mungkin karena GPRSnya versi 8.
Tentang uthak uthik setting ini mungkin ada teman-teman yang punya pengalaman lebih, tolong urun rembugnya, terutama mas Cahyono.

Dari mervandi: saya coba di Samsung C100 dengan Matrix tidak bisa buka geomatika6.blogspot (tapi bisa konek ke matrix-centronya Indosat).

[mungkin waktunya tlah tiba untuk ganti HP. Siapa mau tukar tambah ?]

0 Comments: