30 Agustus 2007

Geomatika6 On Google Search

Iseng-iseng hari sabtu 25 Agustus 2007 kemarin, saya searching bersama kang Google untuk mengetahui kemudahan atau seberapa cepat atau di halaman berapa sih geomatika6.blogspot nongkrong di pencarian google. Saya masukkan keyword ‘geomatika’ (tanpa tanda petik) dan search. Ternyata, kang google menempatkan gomatika6.blogspot pada halaman kedua hasil pencariannya. (siiip !)

Apa artinya ini ?
Ini berarti bahwa geomatika6.blogspot akan lebih mudah nongkrong di halaman-halaman depan hasil pencarian search engine. Artinya, blog ini akan semakin mudah ditemukan oleh orang lain, dan itu berarti memperluas jangkauan blog geomatika6. Apalagi kalau kemudian postingannya sudah semakin banyak -tentunya dengan bantuan rekan-rekan sekalian. Sekedar info saja, setiap posting atau update berita, serta pemberian komentar pada blog akan selalu dipantau oleh Google –dan search engine lainnya. Sehingga semakin banyak posting dan semakin banyak komentar yang masuk, akan dapat meningkatkan popularitas blog, dan akan memperbaiki peringkat pencarian pada search engine. Apalagi, bila kemudian terhadap setiap postingan diberikan label yang sesuai. Label ini semacam pengelompokkan posting atau berita pada satu atau beberapa tema yang sama. Misalnya: label antar kita, geomatika, tausiah akan mengelompokkan (atau barangkali tepatnya meng-index) posting dalam satu atau beberapa kata yang sama. Anda dapat melihat di blog ini, bahwa terdapat beberapa posting yang bertemakan (ber-label) Antar kita atau geomatika atau lainnya. (mudah-mudahan ga’ tambah bingung).

Nah, -lanjut ya- sehari setelah itu, hari Minggu, saya coba tambahkan fitur baru pada geomatika6.blogspot berupa –semacam counter- yaitu Google Page Rank. Fitur ini berfungsi untuk memantau ranking blog di mata google. Harapannya adalah untuk memantau pergerakan / pertumbuhan ranking Google terhadap blog ini. Tapi apa hasilnya ? Tidak lama setelah tambahan fitur tersebut, saya lakukan search (googling) lagi dengan keyword ”geomatika”, dan ternyata hasilnya mengecewakan, geomatika6.blogspot tidak muncul juga sampai halaman 8 pencarian Google. Mungkin memang karena blog ini masih baru, dan traffic pengunjung belum begitu banyak, sehingga belum terangking oleh kang Google. So, akhirnya fitur –google rank- tersebut akhirnya saya hapus lagi. Dan ternyata geomatika6.blogspot dapat nongkrong di halaman 2 lagi. (Fuf.. rumit juga berurusan dengan kang Google ini).

Nah, kini teman-teman saya persilahkan untuk mencoba masuk ke blog ini, melalui pencarian google (Google search) terlebih dahulu, dengan menggunakan keyword 'geomatika'. Barangkali saja, teman-teman lupa dengan alamat blog yang panjang ini (http://geomatika6.blogspot.com). Cara baru ini akan membantu memperbaiki ranking / posisi blog ini dimata google dan search engine lainnya.

Memang sih, ada beberapa hal yang menyebabkan blog ini dapat nongkrong di halaman 2 google search dengan menggunakan keyword ’geomatika’, salah satu yang pasti adalah karena faktor nama blog yang mengandung kata ’geomatika’ (he.. he..), ditambah dengan label posting yang berjudul geomatika juga. Kedatangan anda ke blog ini melalui search engine terlebih dahulu, merupakan hal positif bagi blog ini di mata google. Minimal, ia akan mengira bahwa geomatika6.blogspot banyak dicari, sehingga mungkin suatu saat kang google berbaik hati untuk menaikkan rank blog ini.

[ga’ sadar sudah menginjak masalah SEO, search engine optimization]

0 Comments: