30 Agustus 2007

Far Infra Red (FIR), Manfaatmu Bagiku

Masih teringat saat kuliah Remote Sensing alias Penginderaan Jauh yang membahas tentang gelombang / sinar. Bahwa untuk dapat melakukan penginderaan jauh diperlukan suatu energi. Energi ini bisa diperoleh dari alam, maupun dari buatan (dibangkitkan). Energi yang berasal dari alam, yang utama adalah sinar matahari. Sedangkan energi yang buatan atau dibangkitkan dapat berupa sinar laser, dan lainnya.

Berbicara tentang sinar matahari, sudah diketahui pula bahwa sinar matahari terdiri dari berbagai jenis sinar / gelombang, ada yang tampak ada juga yang tidak tampak. Berbagai jenis sinar / gelombang ini masing-masing mempunyai 'maqom' sendiri-sendiri berdasarkan sifat gelombang dan panjang gelombangnya. Kira-kira begitulah. Diantara pasukan gelombang / sinar tampak dan pasukan sinar / gelombang tak tampak, terdapat gelombang / sinar infra merah yang ikut dalam barisan pasukan gelombang tak nampak, namun posisinya paling dekat dengan pasukan gelombang nampak -yaitu sinar / gelombang merah. Berani sekali gelombang infra merah ini.

Keberadaan gelombang / sinar infra merah ini ternyata sangat besar, gelombang ini menduduki 'maqom' yang paling luas dari jajaran pasukan (spektrum) gelombang tak nampak. 'Maqom' atau spektrum gelombang infra merah ini terluas di jajarannya, sehingga dapat dibeda-bedakan lagi menjadi beberapa jajaran. Diantara jajaran ini adalah 'maqom' gelombang infra merah dekat dan 'maqom' gelombang infra merah jauh. Disebut sebagai 'maqom' gelombang infra merah dekat, dikarenakan barisan 'maqom'nya masih dekat dengan jajaran gelombang tak nampak, sekutunya. Sedangkan sebutan gelombang infra merah jauh, diberikan karena posisi 'maqom'nya berada paling jauh dari sekutu-sekutunya di jajaran gelombang tak nampak. Gelombang infra merah jauh ini disebut sebagai Far Infra Red, atau disingkat FIR. Gelombang FIR inilah yang menjadi topik postingan kali ini.

Apa fungsi FIR bagi remote sensing dan geomatika ? tanyakan saja pada ahlinya. Namun, disini saya ingin menuliskan tentang fungsi FIR bagi kesehatan, lho kok ? Iya, FIR bagi kesehatan bukan bagi remote sensing. Ini sesuai dengan judulnya: manfaat FIR bagiku, dan bukan manfaat FIR bagi Remote Sensing dan geomatika. (Berarti antara geomatika dan kesehatan itu dekat ya ?!)

Berdasarkan pengamatan saya saat ini, terdapat banyak keterangan yang menjustifikasi bahwa FIR itu bermanfaat bagi kesehatan, sehingga banyak yang kemudian membuat produk yang 'berisi' atau memancarkan FIR, sehingga dapat berguna bagi kesehatan. Bahkan saya sudah beli kalungnya yang katanya mampu memancarkan FIR dari alam ke tubuh saya. Namanya kalung BioFIR.

Penjelasan ilmiahnya adalah seperti yang disampaikan oleh Prof. ZHANG JIAN DONG (saya terjemahkan untuk anda):

Penggunaan FIR sebagai Terapi Pendukung (Supportive Theraphy) - Efek FIR bagi Tubuh Manusia

Sebagaimana FIR dapat menetaskan telur serangga, kura-kura laut, ayam dan binatang lainnya, mampu menyebabkan penumbuhan pembuluh darah (blood vessel), saraf , kerangka (skeleton), kulit dan bulu mereka; maka FIR dapat pula –dengan cara yang mirip- menyebabkan perubahan bagi tubuh manusia.

Tubuh kita terdiri dari sel-sel, dan komponen paling penting dari sel adalah air. Air membentuk 65% hingga 70% dari massa tubuh manusia. Sel-sel ini dalam tubuh pada gilirannya membentuk berbagai jaringan atau daging (tissues) dan organ, seperti: jantung, hati, ginjal, organ pencernaan, pembuluh darah, saraf, tulang dan kulit. Hanya karena FIR mampu menyebabkan albumin dan kuning telur berkembang / tumbuh menjadi berbagai macam organ, maka ia juga dapat mengaktifkan (activate), merevitalisasi (revitalize), mengaktifkan kembali (reactivate), mengembangkan (develop) dan memperkuat bermacam organ di dalam tubuh kita, ketika FIR itu terserap / diserap tubuh.

Pada berbagai macam organ tubuh manusia, sistem sirkulasi (circulatory system) mempunyai peran yang penting, terutama sistem sirkulasi-mikro (micro-circulatory system). Ini merupakan basis bagi makanan kehidupan (sustenance of life), karena jika ia rusak (deteriorates), akan dapat menyebabkan kematian. Ketika terdapat masalah dengan sistem sirkulasi-mikro ini, berbagai ailments (penyakit ringan) akan datang. FIR menjalar / bergetar (vibrating) pada frekuensi yang sama dengan frekuensi yang memancar dari tubuh manusia, yang mampu mempenetrasi ke dalam tubuh, mengaktifkan dan mengaktifkan kembali sel-sel, sebagaimana pula ia menguatkan sistem sirkulasi-mikro. Ia mengatur (regulates) aliran darah dan membebaskan darah dalam pembuluh darah yang telah terhalang (blocked) oleh adanya gumpalan / bekuan darah (blood clots), dan pada waktu yang sama mengaktifkan kembali (reaktivasi) energi vital dalam tubuh. Itulah mengapa kita katakan FIR dapat mengatur sistem sirkulasi darah dari tubuh, terutama yang berada pada sistem sirkulasi-mikro.

Berbagai aktivitas tubuh manusia bergantung pada suplai nutrien. Nutrien ingested ke dalam tubuh kita, menghasilkan energi dan membantu memelihara our lives. Pada waktu yang sama, sisa-sisa yang dihasilkan setelah penyerapan nutrient ini, harus dibuang / dikeluarkan dari tubuh. Proses ini dikenal sebagai metabolisme. Tingkat metabolisme (metabolic rate) dari setiap individu adalah merupakan indikator bagi kesehatan masing-masing individu. Jika kita menginginkan hidup yang sehat, kita harus mempertahankan tingkat metabolisme yang baik dan kuat.

FIR mampu meningkatkan aliran darah dan secara kontinyu uplift (menaikkan) tingkat metabolisme tubuh. Karena transportasi nutrient dalam tubuh bergantung pada aliran darah, maka pembuangan sisa-sisa metabolisme dari berbagai aktivitas dalam tubuh juga bergantung pada sistem sirkulasi. Ketika sistem sirkulasi meningkat di bawah pengaruh FIR, ia akan secara alamiah meningkatkan metabolisme kita. Dengan demikian, keuntungan kedua yang diberikan oleh FIR bagi tubuh manusia adalah elevation (peningkatan) metabolisme yang kemudian meningkatkan level energi.

Keuntungan ketiga adalah peningkatan (elevation) kekebalan (immunity) tubuh kita melawan penyaklit (diseases). Ini adalah bagian dari efek peningkatan sistem sirkulasi-mikro dan metabolisme tubuh. Ia membantu untuk memperlambat proses penuaan, meningkatkan penolakan melawan penyakit dan meningkatkan usia (longevity).

Manfaat Produk Kesehatan Bio Keramik

Saat ini, dengan peningkatan secara kontinyu pada sains dan teknologi, kita telah memahami lebih jauh efek dari FIR, dan melalui penelitian, kita telah menemukan bahwa bio-keramik dapat digunakan dalam pembuatan berbagai produk kesehatan. Ini merupakan lompatan besar ke depan oleh sains dan teknologi modern, dan produk ini merupakan produk hi-tech (teknologi tinggi).

Bio keramik adalah material mentah, yang dapat meng-emitting (memancarkan) FIR dalam jumlah besar, dibawah kondisi tertentu dan pengaruh dari suhu tubuh manusia. Dikarenakan struktur molekularnya yang unik, ia secara terus menerus memancarkan (emits) FIR dengan range panjang gelombang tertentu (4 -16 mikron). Ini merupakan jenis FIR dengan panjang gelombang yang tepat diperlukan oleh tubuh manusia. Ini adalah jenis FIR yang dapat mengaktifkan berbagai fungsi biologis dari tubuh manusia.

Jenis FIR ini, tidak menyebabkan efek yang membahayakan bagi tubuh manusia. Produk kesehatan FIR menghasilkan dua efek berbeda terhadap tubuh manusia:

Efek pertama adalah menguatkan tubuh dan memelihara (upkeeping) kesehatan, sehingga dengan demikian mencegah penyakit (disease). Efek lainnya adalah efeknya atas tubuh manusia yang mampu merawat (treating) berbagai ailment (penyakit ringan) yang umum. Bentuk terapi ini didasarkan pada penguatan resistensi tubuh manusia terhadap penyakit, sehingga menurunkan penderitaan (suffering) dan mempercepat penyembuhan (recuperation). Ini merupakan suatu terapi pendukung (supportif therapy) yang berdasarkan pada prinsip menjaga kesehatan. Hal ini berbeda dari kemoterapi dan pembedahan. Adalah hal yang umum bagi kalangan dokter di berbagai rumah sakit untuk menggunakan FIR sebagai bentuk fisioterapi.

Efek keduanya adalah dalam hal perawatan (treatment) atas ailments (penyakit ringan) pada umumnya. Kita menemukan berbagai ailment dalam hidup kita sehari-hari, produk kesehatan FIR mampu memberikan terapi pendukung untuk ailment-ailment tersebut. Beberapa contoh common ailments:

a. Pembengkakan kelenjar prostate pada laki-laki

b. Pemeliharaan kesehatan bagi Female Ureter

c. Leukorreha yang berlebih pada wanita

d. Nyeri saat haid

e. Piles (?)


(that's why i wear the biofir necklace, it's a supportive therapy for my family's health)


0 Comments: