24 Agustus 2007

Bikin Web Yuk !

Lagi getol-getolnya ngenet, seperti old days. Sekarang malah lagi getol-getolnya cari cara biar bisa online terus, maksudnya bisa terhubung internet terus-terusan 24 jam nonstop tanpa harus banyak-banyak ngurangi belanja yang lain, plus info atau bisnis atau blog atau apapun namanya bisa nongol di internet (maksudnya punya website atau url sendiri yang bisa diapa-apain semaunya).

Beberapa info sudah di dapat:
1. Info koneksi 24 jam sehari terus-terusan tanpa menjebol rekening dah didapat. Intinya: biaya awal kira-kira 400rb (beli chip, aktivasi, dsb), trus biaya bulanannya hanya 300rb flat per bulan. (Tinggal pilih mau daftar dimana).
2. Info domain atau nama di internet sudah didapat (tinggal daftar juga). Kalau web.id sih hanya perlu ktp + 25rb pertahunnya; kalau dot com pertahunnya 80rb.
3. Info hosting juga sudah ada, banyak banget malah. Ada yang seribu perak perbulan sampe 25rb perbulan dengan fasilitas yang cukup membuat ngiler. Yang ini sih masih dipelajari mendalam tentang fasilitas2nya, cara bayarnya, dsb.
4. Desain webnya. Nah ini yang bikin ngeri (dulunya sih... sekarang sudah agak ada pencerahan). Kalau mau bikin sendiri (pasti bisa dong), biasanya jadinya lama kira2 3 tahun kalau sekelas aku (wah.. wah lama). Kalau mau yang dibuatin sih bisa, tinggal pilih orang / perusahaannya; ada yang 3 hari jadi (hebat nih, padahal website toko online alias online store) tapi... ya itu uangnya harus oke. Kalau yang 3hari tadi mintanya sih 800rb tahun pertama dan 300rb perpanjangan tiap tahun. Nah, alternatif lainnya, bisa pakai CMS (Content Management System), yang free banyak apalagi yang open source). Tinggal install CMSnya (bisa minta tolong orang / perusahaan hostingnya), selesai deh.
5. Produk dan sistem (jual belinya). (Nah, ini yang sedang puyeng alias bingung. Mau jual apa yah..??)

Oh ya, kalau teman2 ada yang pingin nampang di internet juga (atau malah sudah) bisa share disini dong..!
Insya Allah, lain kali -semoga- akan diposting tentang istilah-istilah yang ada disini, seperti: domain, hosting, CMS, dsb. Insya Allah ya !

0 Comments: