24 September 2007

PC Troubleshooting (1)

Sudah beberapa kali komputer PC ini ngambek, dan barusan juga ini komputer ngambek lagi. Namun, alhamdulillah sudah (dan masih) bisa diatasi. Sekalian saja, saya posting disini pengalaman ngambeknya komputer ini plus beberapa cara menanganinya. Perlu disampaikan bahwa yang ngambek ada kaitannya dengan gagal booting windows xp, seperti berikut ini:

1. Windows XP Gagal Booting ('boot failure..')

Ini kasus pertama. Memang jendela (windows) ini sering sekali ngambek tidak mau dibuka (booting) tanpa dipaksa. Kasus pertama ini ditandai dengan tulisan yang kira-kira bunyinya "hardisk boot failure.." dan seterusnya (lupa tidak mencatat pesan errornya). Pokoknya kira-kira booting gagal karena di hardisk -seolah-olah- tidak ada windows operating systemnya. Nah untuk yang seperti ini, alhamdulillah bisa diatasi dengan melakukan "perbaikan booting" menggunakan perintah "FixBoot".

Berikut ini caranya:

  • Masukkan CD instalasi windows ke CDROM eh DVDRW;
  • Sebelumnya pastikan setting bios anda 'boot priority' nya sudah diset pada 'first boot: CDROM';
  • Setelah komputer nyala, tunggu hingga muncul tulisan "press any key to boot from CDROM..." tekan aja sebarang key untuk masuk ke menu instalasi Windows;
  • Akan muncul layar biru. Tunggu aja biar windows loading-loading dulu peralatannya.
  • Setelah diam tu windows, akan muncul beberapa pilihan, diantaranya: tekan ESC untuk batal, F8 untuk instalasi, tekan F3 untuk memperbaiki (whatever the options are).
  • Nah tekan pilihan untuk memperbaiki. Istilahnya Repair. (Untuk pesan pastinya lupa tidak dicatat. Pokoknya pastikan, anda memencet key yang arahnya untuk 'Repair Windows Installation').
  • Setelah itu, anda akan dibawa ke perintah ber-prompt seperti jaman DOS dulu (contoh: c:\ atau mungkin a:\). Nah, disinilah anda akan melakukan perbaikan windows anda.
  • Ketikkan aja: C:\fixboot enter, dan tunggu hingga selesai;
  • Ketikkan exit untuk keluar sekaligus restart komputer;
  • Mudah-mudahan dan Insya Allah, windows anda akan berjalan mulus lagi.
  • (Mudah ya.. sayangnya untuk nulisnya lebih sulit daripada demo visualnya).

Jadi, booting error, solusinya tidak harus dengan re-install total. Namun cara FixBoot ini cukup ampuh juga untuk menangani 'Jendela" yang tidak mau booting, disamping cara-cara yang lainnya.

2. Windows XP Gagal Booting Lagi (restart terus menerus).

Selanjutnya kasusnya adalah: windows susah booting, dalam artian bootingnya kadang gagal dan restart komputer dengan sendirinya, atau kadang-kadang booting sukses bisa berhasil sampai muncul desktop hingga beberapa lama, tapi kemudian tiba-tiba restart sendiri (sperti power down), dan kalau dipaksa untuk booting lagi, kejadiannya akan sama, kadang berhasil booting, tapi tidak lama kemudian restart lagi, begitu terus... Cappee deeeh ..!

Saran saya: jangan paksa windows anda untuk booting terus-terusyan. Cooling down dulu, ambil secangkir sirup ABC dulu biar enak. Lagian, kalau dipaksa booting terus-terusan, salah-salah hardisk anda yang jebol, karena keseringan restart akan mempengaruhi umur hardisk.

Begini saja, pastikan komputer dalam kondisi mati (biar gak kesetrum), kemudian buka chasingnya, trus cabut kabel-kabel power (kabel power saja yang dicabut biar mudah masangnya lagi, daripada mencabut kabel paralel data yang selebar uang kertas itu). Cabut semuanya, kalau perlu termasuk kabel power yang ke kipas-kipas pendingin tambahan dalam CPU, termasuk kabel power yang ke CDROM eh DVDRW, juga hardisk yang tidak dipakai. Cabut semuanya, kecuali kabel power (dan juga kabel data) yang ke hardisk utama. Jangan kuatir, ini hanya untuk sementara saja kok !

Mengapa harus mencabut kabel-kabel power demikian ? Oh ya, kabel power yang dimaksud disini adalah kabel-kabel kecil-kecil dengan warna merah, kuning, hitam, mungkin juga biru, dengan kepala segiempat putih. Pencabutan ini perlu dilakukan karena diindikasikan komputer anda mengalami 'gagal power' alias power cpu sudah tidak stabil.

Cara ini untuk memastikan kondisi power CPU, karena power CPU pengaruhnya sangat sangat besar bagi kesehatan semua komponen komputer PC anda. Sharing saja, gara-gara power CPU yang jelek, saya harus rela dipaksa mengganti: hardisk, CDRW, motherboard (untung masih garansi, dan bisa diperbaiki), termasuk ganti power supplynya itu sendiri -singkatnya, kecuali RAM dan Chasing, hampir semua komponen CPU lainnya minta diganti karena kegagalan power CPU ini. Pingin ??

Nah setelah dicabuti (kecuali hardisk utama), silahkan nyalakan lagi windowsnya. Apabila kemudian proses booting berjalan lancar, alhamdulillah, tunggu hingga beberapa lama. Gunakan untuk aktivitas seperti biasanya, boleh satu jam atau satu hari, terserah. Apabila selama itu tidak ada kejadian restart lagi, maka 99% dapat dipastikan bahwa power CPU anda sudah saatnya diganti dengan yang baru yang lebih gedhe powernya dan lebih stabil.



Sementara itu dulu, cara untuk mengatasi windows yang ngambek, alias jendela-jendela yang ngambek tidak mau dibuka. Perlu diketahui, ada banyak penyebab mengapa windos ngambek tidak mau booting; sebagian besar sudah diketahui penyebab dan cara penyembuhannya. Dua kasus ini terjadi pada PC kesayangan saya juga, dan alhamdulillah sukses ditangani dengan cara tersebut, dan alhamdulillah, sukses pula disharing disini. Mudah-mudahan bermanfaat ya..

2 Comments:

Novian Yoggiks said...

makasih bgt mas... saya sangat terbantu dengan artikel yg udah mas buat.....

jecko said...

help me please...
kompi aku gak bisa upload... cuman sampai tulisan windows start up saja.... terus diam.... terus2an (sampai berjam2) gak ada kelanjutannya...
coba aku copot hardisk data (250Gb), terus start lagi... eeh bisa loading...
hikz... padahal semua data ada di hardisk kedua.... di biosnya hardisk tsb terdetek...
tolong yaah gimana penyelesaiannya??? tak coba di kompi lain hasilnya sama... trims.. sebelumnya...