22 September 2007

Hasil Polling Sementara s/d 22 September 2007 07:37

Sampai dengan tanggal 22 September 2007, pukul 07:37 WIB waktu Kudus, polling yang diselenggarakan oleh Geomatika6.blogspot telah diikuti oleh 13 pemilih (atau 'voter'). Berikut adalah angka-angkanya:

Jumlah Vote: 13, dengan sebaran hasil pilihan (vote) adalah sebagai berikut:
AR: 4 pemilih = 30%
Fungsional: 1 pemilih = 7%
Pelaksana: 1 pemilih = 7%
Kasi: 3 pemilih = 23%
Jawa: 9 pemilih = 69%
Polling akan berakhir 100 hari lagi, yaitu pada tanggal 31 desember 2007.

Sepatah kata:
Polling ini dibuat terbuka dan setiap orang boleh memasukkan lebih dari satu pilihan. Terlihat dari hasil polling sementara ini bahwa:

- Posisi (tugas dan wewenang di kantor) mana saja seorang pemilih (voter) ditempatkan tidak menjadi masalah; setidaknya ini dapat dilihat dari tidak adanya pilihan yang kosong. Ini berarti bahwa dari 4 pilihan jabatan yang ditawarkan, dapat diterima oleh pemilih.

- AR (4 pemilih, 30%): berarti pemilih -untuk sementara ini- lebih condong ingin untuk menjadi AR daripada Kasi yang mencapai 23% (3 pemilih). Pilihan ini tentunya berdasarkan pada persepsi tiap pemilih terhadap masing-masing opsi (baik jabatan maupun tempat -pulau jawa- yang ditawarkan).

- Fungsional dan pelaksana, masing-masing 7% (masing-masing 1 pemilih). Menunjukkan bahwa walaupun tidak -atau mulai kurang- diminati, ternyata ada pula pemilih yang ingin menjadi Pejabat Fungsional ataupun Pelaksana.

- Jawa (9 pemilih, 69%): ini yang menarik. Dengan asumsi bahwa setiap orang mengetahui bahwa polling ini adalah multiple option (multiple option ditandai dengan tanda kotak dan bukan lingkaran radio button disamping setiap opsi), seorang pemilih bisa memilih lebih dari 1 pilihan bahkan semuanya dipilih pun bisa. Hal ini menunjukkan bahwa: Pulau Jawa -kini- tidak selalu menjadi pilihan, mungkin bisa Pontianak, atau Palembang, atau lainnya.

Apa arti polling ini:
- Sebenarnya sederhana saja. Polling ini dibuat untuk mengetahui secara sederhana kecenderungan keinginan anda -pemilih- berkaitan dengan tugas anda selanjutnya. Didalamnya tersirat persepsi dan keinginan tentang masa depan. Tidak ada metode saintifik disini, baik pada saat penentuan opsi-opsi pilihan (kuesionernya), maupun pada saat penyajian hasil-hasilnya.

- Mungkin polling ini 'just for fun', tetapi mungkin juga 'berarti sesuatu'. Diantaranya, kesadaran akan tugas, nasionalisme, dan tanggung jawab telah menempatkan pilihan Pulau Jawa tidak harus sebagai pilihan utama (tidak harus jawa), begitulah kira-kira. Bagi pengambil keputusan, ini merupakan tanda positif bagi pola penempatan nantinya; menempatkan dimana saja sepertinya tidak terlalu merupakan masalah. Baik posisi (wewenang dan jabatan) di kantor, maupun penempatan di seluruh Indonesia. (Singkatnya, membantu memudahkan pembuat kebijakan / pembuat SK penempatan, he.. he..).

- Polling ini bersifat terbuka. Ini berarti setiap pengunjung dapat mengikuti polling ini, tidak peduli apakah ia dari geomatika6, geomatika7, geomatika5, geomatika4, geomatika3, geomatika2, atau bahkan geomatika1 (ada geomatika yang belum disebut ?), atau dari teman-teman serta pengunjung yang lain. Polling ini juga tidak bersifat memaksa, seperti anda harus memasukkan email atau nama anda untuk mencegah polling dua kali misalnya; dan ini juga berati bahwa polling ini tidak melarang anda untuk sekedar berpartisipasi menggembirakan pembuat polling. Jadi, don't be serious, just easy !

- Polling dan lain-lain fitur yang ada disini adalah untuk interaktivitas kami (team blog) dengan anda semua, penikmat geomatika6.blogspot. Ini adalah tujuan utama dan sebenarnya (suer !!). Seperti diketahui, website biasanya -atau kebanyakannya- bersifat statis dan satu arah (dari website ke penikmat saja) tanpa menimbang keikutsertaan penikmat. Nah, polling ini adalah untuk meningkatkan keikutsertaan anda, begitu juga dengan shoutbox (kotak terak-teriak)nya.

Akhir kata:
Santai saja ya, dengan hasil polling ini -terutama yang berkaitan dengan Pulau Jawa-nya. Kalaupun ada pengambil keputusan yang melihat polling ini, pasti beliau hanya tersenyum saja dan tidak menanggapi secara serius.

[Sekedar bagi2 rahasia: polling ini benar-benar objektif, saya atau team blog lainnya, tidak bisa mengubah pilihan -vote- yang sudah anda buat. Kami hanya bisa menghapus pollingnya keseluruhan, he.. he..].

0 Comments: