11 September 2007

Akhirnya Capek Itu Datang Juga

Setelah begadang hampir 2 hari 2 malam ditemani oleh perangkat2 setia, akhirnya rasa capek itu datang juga, dan sudah tidak dapat dibendung lagi. Mungkin bukan aku saja yang capek, tapi juga xl (yang njagain gprsnya running terus), hp c100 kesayangan plus chargernya yang kepanasan, meja dan kursi yang bergoyang-goyang, serta tentunya hardiskku yang satu sudah give up alias jebol bin tewas alias tidak terdeteksi lagi (hiks, padahal 80GB) diganti dengan hardisk cadangan yang juga hampir minta diinstal ulang karena ngadat (untung bisa di fixboot), belum lagi monitor dan cpu yang mengeluarkan bunyi-bunyian. Semuanya capek. Orang serumah yang lihat pun jadi capek juga ngelihatnya.
Ada apa sih ? Ya tentu saja eksplorasi besar-besaran seputar blogging di internet sedang dilakukan. Dengan bantuan segenap perangkat yang setia walau kepanasan, jadilah eksplorasi dilakukan hingga bakda subuh. Setelah istirahat pagi, eksplorasi berlanjut mulai pukul 08WIB, hingga seterusnya. Tapi, ya itu tadi ternyata capek juga setelah 2 hari 2 malam eksplorasi.
Hasilnya ? Lumayan. Beberapa teknik blogging sederhana dah didapat. Beberapa blogger pengunjung TheGeom dot com (www.TheGeom.com) sudah mulai berdatangan. Beberapa link pun sudah diperoleh, kecuali dari para blogger SIG (pada mahal linknya, sampai sekarang pun belum ada yang ngelink balik, padahal link dan link balik adalah etika blogger internasional). Beberapa tool / plugin juga berhasil ditambahkan, terutama comment plugin yang bisa saling mengomentari komentar komentator yang lain (cool abiz). Tapi, baru segitu aja. Maklum www.TheGeom.com masih bayi banget (baru 3minggu lahiran).
Kesimpulannya: ternyata dunia blogging itu mengasyikkan, bisa lupa keadaan kantor, bisa lupa kalau belum ada sk penempatan yang turun, bisa lupa yang lain-lain juga. Blog adalah ekspresi mendunia, siapa saja bisa berunek-unek di blog secara gratis; dan kalau sudah ngeblog ya.. ngeblog. Artinya, kalau dibaca orang lain ya gpp, kalau di link sama orang lain ya link balik, kalau ngutip postingan yang lain ya cantumkan alamat website atau nama orangnya, kalau dapat penghasilan dari ngeblog ya bayar PPhnya.. gitu aja kok repot. Ngeblog itu mulai dari anak SD hingga profesor pun ngeblog. Dosen-dosen juga ngeblog, tapi ya itu tadi.. linknya mahal abizz (jaim.. jaga image). Tapi ya, it's oke. Dunia blog ini seluas dunia sebenarnya, tidak dibatasi oleh definisi angkatan mahasiswa, definisi dari kampus mana berasal, ngantornya dimana, atau suka komputer atau tidak, pake jendelanya windows atau jendelanya macintos, suka database atau sig, bahkan suka makan tempe atau tidak.. semuanya boleh ngeblog. Semuanya boleh baca blognya yang lain. No limit.

Alhamdulillah, dengan adanya sahabat GPRS dan C100, serta sohib komputer yang setia, urusan ngenet dan ngeblog ini, insya Allah tidak masalah lagi. Diatas itu semua, harapannya adalah 'semoga ini semua ada manfaatnya', setidaknya bagi pengetahuan dan pengalaman ngeblogku yang masih balita ini. mudah-mudahan pula ada manfaatnya buat geomatika. amin.

0 Comments: