28 Oktober 2007

Wahai Informasi, Datanglah !

Saya baru merasa pentingnya informasi seputar perpajakan. Searching internet sudah dilakukan, Google juga sudah dimintai bantuan untuk memilihkan informasi perpajakan yang diperlukan. Ternyata, begitu banyak informasi tentang perpajakan. Terima kasih kepada para pegawai DJP yang membuka wawasan perpajakan dengan memberikan info perpajakan di blognya masing-masing (saya nemu lumayan banyak), atau juga kepada para konsultan pajak, serta pelaku bisnis internet mulai dari para ‘content provider’ maupun para ‘software developer’ yang concern dengan perpajakan Indonesia.

Memang selama ini saya selalu mengajak kang google untuk mencari-cari informasi yang saya perlukan. Tetapi setelah dapat alamat websitenya, biasanya dibuka saat itu saja atau beberapa kali setelah itu, sebelum kemudian lupa, ditumpuki oleh informasi-informasi yang lain. Akhirnya baru terfikir pentingnya / perlunya untuk menaruh info-info hasil seleksi itu supaya mudah diakses dalam satu halaman saja.

Rupa-rupanya, apa yang saya rasakan ini sudah dipikirkan oleh banyak orang di luar sana. Jawaban dari masalah saya itu, rupanya ada di 3 huruf saja, RSS.

Saya tidak peduli dengan singkatan dan pengertian RSS apa Real Simple Syndication atau apalah, yang penting yang saya tahu tugas atau fungsinya adalah untuk memberi tahu apabila ada postingan terbaru pada alamat-alamat website atau blog-blog tertentu yang saya sukai. Penggunaan RSS ini biasanya disebut dengan istilah ‘berlangganan RSS’. Ya, berlangganan. Mungkin karena RSS ini secara rutin memberi tahu dan mengirimkan content yang terbaru kepada kita setiap ada update pada website atau blog2 yang sedang saya langgani. Tapi, jangan salah, walaupun berlangganan, RSS ini sifatnya free. Satu-satunya pembatasan penggunaan RSS ini adalah pada kesediaan pengelola / pemilik website untuk membuka layanan RSSnya.

Layanan RSS bisa dibagi dua: full atau sebagian. Kalau full, berarti semua berita / content yang baru tersebut dapat dibaca melalui RSS ini (tidak perlu mengunjungi website / blog penyedianya / providernya); sedangkan Sebagian berarti yang dapat dibaca oleh RSS reader (apa pula ini..?!) hanyalah penggalan dari berita terbaru tersebut. Masalahnya, sebagai pengelola TheGeom dot com, saya telah membuka layanan RSS saya ke full, tetapi ternyata dengan adanya content yang saya beri tanda [read more..] dan sejenisnya pada content blog saya, menyebabkan berita yang ada pada RSS jadi ikut terpotong. Padahal saya ingin sekali berbagai info, penikmat tidak perlu datang ke TheGeom dot com juga gapapa, asal infonya bisa sampai kepada mereka. Tapi, oke deh, ini akan jadi tantangan saya selanjutnya.

Kembali ke RSS. Langganan RSS itu, bisa dilakukan terhadap berita / contentnya atau berlangganan RSS komentarnya (comment) sekalian. Memang, kalau suatu topik itu menarik, dan komentatornya jago-jago, sebaiknya memang berlangganan komentarnya juga.

Kalau sudah langganan, terus cara bacanya gimana ? Wah, ini menarik juga. Di satu sisi, saya ingin punya informasi terbaru datang ke saya, setelah mereka datang, saya tidak ingin disibukkan dengan membaca mereka satu-persatu, mendatangi alamat-alamat berita tersebut satu persatu. Buang-buang waktu dan tenaga, bisa-bisa kerja terbengkalai. Jadinya, untuk membaca content yang ribuan jumlahnya memang perlu siasat khusus.

Ada beberapa cara untuk membaca RSS ini. Tapi saya tahunya baru 2 cara saja: menggunakan website (web-based) atau menggunakan komputer (desktop-based). Maksudnya web-based, berita dalam RSS itu tersaji dan dinikmati seperti kita buka halaman-halaman website atau blog (baik RSS full maupun sebagian); salah satu cara yang saya tahu adalah dengan menempelkan (embed) RSS ini kepada halaman blog atau website yang kita punyai. Contohnya adalah: saya embed 3 RSS dari TheGeom, Liga Inggris, dan Detik pada Geomatika6.blogspot (silahkan lihat di sebelah kanan bawah). Selain mengembed seperti ini (mengambil judul berita dan menempelkannya pada widget sisi kiri atau kanan), ada juga cara yang lain, yaitu dengan membuat halaman yang berisikan RSS ini, sebagai halaman lain (baru) pada blog saya. Untuk tekniknya, silahkan baca Tabloid PC Mild edisi 18/2007 yang membahas tentang hal ini (insya Allah lain kali akan dicoba diterapkan disini). Teknik kedua ini, menampilkan RSS dalam satu halaman web (semuanya atau sebagian).

Sedangkan yang desktop-based, biasanya menggunakan widget desktop. Widget ini dalam menampilkan berita seperti layar handphone atau PDA yang bisa di scroll ke bawah atau ke atas, tanpa kita harus berhadapan dengan halaman web. Ada banyak widget saat ini, misalnya: The SpringBox yang saya install di PC saya, atau yang lagi ngetren BlogRolling yang bisa bersifat desktop-based maupun web-based (maksudnya ditempelkan ke halaman web).

Cara mana yang ingin anda gunakan, tergantung pada selera dan kenyamanan masing-masing orang. Tetapi yang jelas, RSS ini harus terkoneksi dengan internet untuk mengakses / membukanya. Mungkin yang web-based, setelah RSS tampil di halaman web anda bisa menyimpannya sebagai file html sehingga masih bisa membacanya secara offline, sedangkan yang desktop-based, sepertinya tergantung terus menerus dengan koneksi internet.

Oh ya, kalau anda pengguna browser firefox, mungkin anda akan suka dengan extension BlogRvr, yang akan membawa berita2 dari buanyak blog ke browser firefox anda. Syaratnya anda download dan install dulu extensionnya, kemudian sign up ke BlogRvr (free) untuk memperoleh nama user dan kustomisasi blog apa saja yang ingin anda baca. Dan, tara.. selesai sudah. Anda akan disuguhi berita-berita dari blog-blog ternama di dunia dalam sebuah ‘tray’; dan yang saya suka adalah saya bisa membuka lagi tray ini untuk menampilkan isi / content yang saya mau baca tanpa harus berkunjung ke website / blog asalnya.

Itu dulu ya.., semoga bermanfaat (CMIIW ya). Saya sedang tahap belajar dengan RSS ini. Mudah-mudahan segera bisa berkata: ‘Wahai informasi, datanglah !’.

1 Comment:

Anonim said...

Hi there, I institute your blog via Google while searching in requital as a remedy for cardinal grant-in-aid appropriate to the event that a generosity combat in fracas and your momentary looks vertically captivating in support of me