11 Desember 2007

Tugas AR ?

Beberapa teman sempat menghubungi saya untuk bertanya seputar tugas dan pekerjaan AR. Mereka menganggap saya, yang notabene menjadi AR lebih dahulu (per 28 September 2007), lebih tahu atau lebih pengalaman atau semacamnya. Pertanyaan yang saya dapat adalah seputar pekerjaan AR, misalnya: Apa tugas AR sebenarnya; Apa yang harus dilakukan pertama kali setelah menjadi AR; atau bagaimana melakukan ini atau itu..

 

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih atas kontak yang dilakukan teman-teman. Namun, perlu saya sampaikan disini bahwa: saya tidaklah sebaik apa yang teman-teman duga; namun saya juga bisa memastikan bahwa saya juga tidak seburuk apa yang teman-teman persangkakan. Saya ini -berdasarkan track record saya pribadi baik di kampus maupun di kantor-kantor yang dulu- adalah seorang yang "slow learner", lambar reaksi, tidak peduli, dan malas juga ada.

 

Tak lupa saya sampaikan bahwa saya adalah: "Injury Timer Sejati". Artinya saya akan baru benar-benar bisa bekerja apabila sudah amat sangat mendekati batas akhir (deadline) masa suatu permasalahan. Contohnya: lihat track record penyelesaian skripsi, thesis, bahkan persyaratan wisuda kemarin.

 

Jadi, mohon maaf kepada teman-teman semua atas jawaban atau respon yang sangat tidak memuaskan atas segala urusan yang diamanatkan ke saya, termasuk yang saat ini sedang in and on adalah urusan AR. Saya sampaikan disini, bahwa saya sedang belajar bagaimana caranya menjadi AR. Saya sedang belajar dan mengamati keahlian atau keterampilan apa yang sebaiknya dimiliki AR. Dan, saya terus terang baru dalam tahap belajar dan mengamati.

 

Dunia AR di satu sisi bagi saya sangat menarik dan mengundang tanggung jawab yang besar, dan ini berarti tantangan yang besar. Saya tertarik dengan tantangan. Tapi di sisi yang lain, saya juga perlu sampaikan bahwa AR adalah tumpuan harapan dan juga kesalahan, apabila penerimaan tidak tercapai.

 

Terus terang, walaupun saya belum 100% start sebagai AR, tetapi saya juga sempat tertekan ketika tim dari Kanwil datang untuk melakukan asistensi atas pertumbuhan (penerimaan) 2007 yang negatif di kantor saya. Bagaimana tidak (self-defense mode is on), bila keempat orang anggota tim dari Kanwil tersebut memberikan uraian yang pada intinya adalah AR. "AR semestinya bisa ..."; "AR diharapkan untuk lebih ..."; "AR harus membantu ...:; dan seterusnya. Hingga yang ini: "Kasi diharapkan memberi penekanan lebih kepada AR nya..". Bayangkan, AR adalah untuk ditekan-tekan.. padahal kantor saya baru modern pada pertengahan 2007.

 

Tapi, kondisi di kantor saya tentunya akan sangat berbeda dengan kondisi di kantor-kantor yang lain. Dan, pastinya, Anda juga tidak akan merespon tugas-tugas AR se-emosional cara saya.

 

Saya bisa pastikan bahwa: rekan-rekan semua layak untuk menjadi AR, baik dengan start pengetahuan tentang PPh, PPN, atau PPnBM nol sekalipun. Yang diperlukan dari seorang AR adalah: keinginan untuk terus belajar dan meng-update pengetahuan; kerjasama dengan rekan AR yang lain; dan memperhatikan SE atau peraturan yang baru. Tidak masalah, apabila rekan-rekan Geomatika6 "hanya" mengetahui atau menguasai PBB dan BPHTB, karena pada kenyataannya memang tidak akan mungkin seseorang menguasai semua bidang perpajakan, atau istilahnya "all taxes". Selalu akan diperlukan diskusi dengan rekan-rekan AR yang lain. Saling bertukar informasi dan pengalaman akan sangat membantu dalam pelaksanaan tugas AR sehari-hari.

 

Take it easy ! Selamat ber-AR-ria.

1 Comment:

Anonim said...

iya mas, saya juga d(ag+ig+ug) juga ngadhepi tugas-tugas ar. yang penting kita bismilllah aja. kata temen di jogja kalo mau dibuat pusing ya pusing, kalo mau dibuat santai ya santai.mgkin begitu. lagian kita kayaknya kita bisa 'nyuri poin'+'memberi nilai lebih' dari apa yang kita peroleh di geomatika, asalkan kita selalu kompak.anggap aja ini tugas kelompok. ada yang ahli map basic,ada yang pinter database, ada yang jago sig,ada yang suka gps, ada yang gemar open source, pakar citra,tapi yang bagian cut and glue bin nyonto juga ada (termasuk saya). Jadi .. warnailah dunia ar dengan geomatika.gitu, kan?(ya iyalaah)